Good writing disturbs

Good writing disturbs

Apa sih yang mengganggu bila baca tulisan yang bagus?

misalkan seorang laki, waktu di jalan berpapasan dengan wanita cantik, walopun cantik itu relatif, tapi menurut laki ini cantik dan cantik itu, bener aja adanya di mata laki.. cantik itu di mata laki-laki, dengan sekejap, namanya juga berpapasan ga banyk, palingan cuma beberapa detik, yang nama nya cantik, meskipun beberapa detik bisa jadi lama, efek setelah nya juga bakalan lama, itu dia.. cantik nya cewe itu ganggu banget si laki, dengan pikiran yang selalu terbayang wajah cewe itu ini dalam konteks penggambaran bahwa cantik nya cewe bisa membekas di pikiran si laki… dan gimana klo cewe nya ga cantik,,, yaaa,,, lewat gitu aja, ga membekas di otak tuh laki ( mungkin..)

Good writing disturbs

Apa sih yang mengganggu bila tulisan itu bagus?

Misalkan seorang anak minta uang pada ibunya, dengan kata pendek dan hanya dengan waktu yang sebentar pula,

anak: Mama, minta uang!

Mama  : (ngeluarin uang dan langsung nagsihin k anak) “nih serebu”

apa hebatnya kalimant si anak itu “Mama, minta uang!” tentunya ada faktor hubungan antara anak dan ibu, (si ibu cinta banget sama darah daging nya,, bukan pada kata2),, tentunya juga ada uang yang di miliki si Mama (kalo ga ada punya uang, yaaa… ga keluar tuh uang serebu..), kalimat yang di sampai kan anak tadi makna nya nyampe ke ibu dengan balasan adanya tindakan si ibu ngeluarin uang serebu.. lalu bagaimana bila tidak ada hubungan antara anak dan ibu, apa kah bisa anak tadi mengeluarkan kalimat magic tadi ke orang lain, belum tentu dapat uang serebu bisa aja dapet sepuluh rebu (dengan minta ke kakek nya…)  

kalo di kaitkan dengan tulisan, dan harus bisa di kaitkan biar nyambung dengan bahasa tulisan, seorang asing berkomunikasi dengan orang asing lainnya (gak saling kenal maksudnya), dengan hanya mengeluarkan kalimat magic si anak tadi apakah bisa dapat uang serebu dengan gampang,, dengan bahasa tulisan loh yaa (bukan dengan minta uang di pinggir jalan…) tentu nya tulisan tersebut harus berisi sesuatu yang makna nya ngena ke pembaca dan ngenan ke si pemabca dan buanya ada respon dari si pembaca dengan imbalan uang serebu.. (plung!! Masukin koin serebu)

Good writing disturbs

Apa kah tulisan yang baik itu terang benderang ato ambigu?

Terang benderang, penjelasan yang sangat yahud dengan gaya bahasa yang apik dan tertata rapi, penuh dengan kesopan santunan, yang membaca jadi manggut-manggut tanda setuju dangan apa saja yang di tulis oleh penulis, tidak ada bantahan, karena tulisan yang terang benderang tadi udah complete.. (maksa penjelasan nya)

Ataukah dengan bahasa ambiguitas, tulisan yang multi tafsir, menyampaikan sesuatu dengan mementingkan keindahan, tidak dengan bahasa lugas, tapi bahasa yang memainkan imajinasi si pembaca, tulisan indah yang mementing kan harmonisasi bunyi, tulisan yang bermakna dalam (si pembaca perlu waktu yang tidak hanya sekali duduk untuk langsung dapat feel dari tulisan itu)…

Good writing disturbs

Apa kah gerangan tulisan yang baik itu?

Seperti layak nya penyanyi, dengan anggun naik  ke atas pentas dan mengeluarkan suara khasnya, bila kita menutup mata dan hanya mengandalkan pendegnaran, kita bisa menebak siapa yang bernyanyi dengan suara cantik itu..

Bisakah tulisan yang hebat seperti itu, mungkin bisa dan banyak orang bilang itu bisa saja, kita tau dan hapal dan sangat yakin bila di tutup nama penulis nya kita bisa menebak siapa gerangan yang menulis tulisan cantik ini, layaknya Romeo yang berkata pada juliet “apa kah Rose itu bila tak di panggil rose lagi akan berubah wangi nya, apalah arti sebuah nama”  nah lohh apa kaitan nya!!!

  

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s