Kisah Tentang Guru yang Pandai

Dahulu kala ada seorang guru yang pengetahuannya sangat luas, dan dia sangat miskin. Bahkan dalam cuaca sangat dingin, dia hanya mengenakan kemeja tipis. saat itu seekor beruang terseret aliran sungai dari pegunungan dan hanyut. hanya kepalanya yang tampak. Murid-murid guru itu, yang mengetahui bahwa guru mereka tidak punya mantel, dan melihat adanya bulu di kepala beruang tersebut, berkata kepadanya: “Lihat, ada mantel bullu di sungai, dan Anda membutuhkan mantel. Mengapa Anda tidak berusaha mengambilnya? Guru itu kedinginan dan terjun ke dalam sungai dan mengangkap kulit bulu itu dan beruang menangkap tubuhnya, dan terjadilah perkelahian di tengah sungai.

Murid-murid berteriak; ‘Lepaskanlah saja dan naiklah,” dan sang guru balas berteriak kepada mereka: “Aku sudah melepaskannya, tetapi dia tidak mau melepaskanku”

Kisah atau anekdot di atas.. perlu saya baca lebih dari sekali untuk memahaminya.. Saya pun merasa waktu itu pemahaman saya terlalu dangkal.. bertanya tidak ada salah nya.. Saya pun bertanya kepada teman yang sudah terlebih dahulu membacanya,, Saya pun memberikan pujian,, karena apa yang dia katakan mengenai cerita di atas tidak lah terpikirkan makna nya oleh Saya..

Leave a Reply

